Kita Tidak Banyak Tahu & Kita Membaca

Oleh: Septria Yanto

unnamed

Membaca buku dapat menanamkan benih berpikir kritis dan skeptis serta memperluas cakrawala di kepala. Dengan kata-kata yang tersemai dalam tiap lembarnya dapat membawa kita pada keramaian paling sunyi; ketenangan batin di tengah banyak pengetahuan yang masuk dalam memori. Menggiring harmonisasi kepala dan hati lewat pengimajinasian bahasa dalam bentuk cerita. Meramu energi berelegi dan berfantasi dalam semarak aksara yang terkandung pada buku (Roeangkata).

Tetapi sayangnya di era kekinian minat pada literasi mulai menurun meski secara kultural, kita memang belum mempunyai budaya literasi yang tinggi. Hal ini disebabkan karena dalam kebudayaan kita, literasi lebih bersifat oral dan berimplikasi pada minimnya artefak-artefak yang bisa dipelajari.

Selain itu, di negara kita yang masih dalam kategori negara berkembang ini, ilmu pengetahuan belum lagi menjadi kebutuhan pokok. Seperti halnya sindiran Pramoedya Ananta Toer dalam Anak Semua Bangsa:

“Jangan kau mudah terpesona oleh nama-nama. Kan kau sendiri pernah bercerita padaku: nenek moyang kita menggunakan nama yang hebat-hebat, dan dengannya ingin mengesani dunia dengan kehebatannya-kehebatan dalam kekosongan. Eropa tidak berhebat-hebat dengan nama, dia berhebat-hebat dengan ilmu pengetahuannya. Tapi si penipu tetap penipu, si pembohong tetap pembohong dengan ilmu dan pengetahuannya.”

Tuan-puan tidak percaya? Lihat saja nama-nama jalan yang ada di negeri kita. Itu merupakan bukti, bahwa kita belum lagi berhebat-hebat dengan pengetahuan.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5).

Sebegitu pentingnya membaca, sehingga dalam ajaran agama kita ayat yang pertama kali turun adalah perintah membaca. Membaca adalah melawan!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s